Rabu, 10 November 2010

pengertian Internet dan Intranet

Internet



Internet adalah sekumpulan komputer atau server yang saling terhubung satu sama lain melalui berbagai alat. Komputer-komputer tersebut tersebar di seluruh dunia sehingga memungkinkan adanya komunikasi secara global lintas negara, budaya, bahasa, maupun benua. Sekumpulan komputer di suatu tempat memiliki jenis dan karakteristik yang tidak sama dengan tempat-tempat lain, namun semuanya dihubungkan oleh suatu protokol standard yang sama yang disebut TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP ini dapat disebut sebagai bahasa yang dimengerti oleh semua jenis komputer yang terhubung ke Internet. Tanpa mengikuti protokol standard ini, komputer kita tidak akan mampu berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di Internet.

Intranet

intranet dapat disebut juga interrnet local atau LAN. yang biasanya terdapat pada suatu lembaga atau perusahaan tertentu. sehingga memungkinkan adanya pertukaran data secara internal antar pegawai dalam perusahaan atau lembaga tersebut.
pada umumnya juga terkoneksi dengan internet sehingga memungkinkan adanya pertukaran data atau informasi dengan jaringan internet lainnya atau disebut internet working melalui backbone internet.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar